Sabtu, 15 Desember 2012

dampak iptek terhadap kebutuhan sekunder



    " BONGKAHAN BESI YANG MENGANTAR KITA MELAYANG DI UDARA "

      untuk blog saya kali ini saya akan membahas tentang perkembanjgan iptek terhadap kebutuhan sekunder, dan saya akan memfokuskan terhadap perkembangan dari transportasi udara, seperti yang kita ketahui banyak sekali alat-alat transportasi di jaman yang modern ini sep-erti pesawat, helikopter, dll. kita bisa menarik beberapa manfaat dari alat transportasi ini, kita dapat mempercepat perrjalanan, mengantarkanbarang, dll mungkin dengan biaya yang cukup mahal,   
       Kebutuhan sekunder adalah merupakan jenis kebutuhan yang diperlukan setelah semua kebutuhan pokok primer telah semuanya terpenuhi dengan baik. Kebutuhan sekunder sifatnya menunjang kebutuhan primer. Misalnya seperti makanan yang bergizi, pendidikan yang baik, pakaian yang baik, perumahan yang baik, dan sebagainya yang belum masuk dalam kategori mewah.

       Ilmu alamiah atau sering disebut ilmu Pengetahuan Alam (Natural Sciene) merupakan pengetahuan yang mengkaji gejala-gejala dalam alam semesta , termasuk di muka bumi ini, sehingga terbentuk konsep dan prinsip. Ilmu Alamiah Dasar hanya mengkaji konsep – konsep dan prinsip – prinsip dasar yang essensial saja. Pada pembahasan kali ini saya akan membahas Ilmu Alamiah Dasar secara lebih spesifik lagi yaitu pembahasan mengenai Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi yang saat ini sangat berpengaruh terhadap peningkatan teknologi transportasi public. Karna secara logika, manusia ingin hidup lebih baik, aman, nyaman, mudah dan lain sebagainya. Maka dari itu, manusia itu sendiri menggunakan akal sehat nya beserta dengan pengetahuan untuk menyelesaikn permasalahan yang dihadapi dalam kehidupan sehari-hari agar lebih mudah untuk dilakukan.
   
Latar Belakang

          Pada satu sisi, perkembangan dunia IPTEK yang demikian mengagumkan ini telah membawa banyak manfaat yang luar biasa terutama pada hal transportasi public. Seperti yang kita lihat setiap hari dijalan raya, jalan Tol, maupun ruang lingkup sekitar rumah kita baik desa maupun kota. Tidak luput dari kendaraan beroda empat maupun dua. Dengan kemudahannya alat transportasi yang berkembang pada saat ini, desa maupun kota memberikan layanan akses transportasi public umum seperti, mobil angkut, bajaj, bemo, busway, kereta api, bahkan transportasi udara seperti pesawat garuda air lines untuk menempuh jarak jauh. Dari bukti tersebut IPTEK membawa pengaruh besar bahkan, seseorang dapat menggunakan fasilitas-fasilitas tersebut tanpa batas hingga melampaui batas transmigrasi yang pada saat dulunya berjalan kaki hingga ratusan kilometer tapi kini dengan adanya IPTEK memberikan kemajuan terhadap daya transportasi. Manusia itu sendiri hanya duduk manis menunggu sampai pada tempat tujuan yang diinginkan dalam pelayanan transportasi umum.
          Meskipun begitu, ada dampak negative atau positif dari kemajuan perkembangan IPTEK terhadap transportasi public itu sendiri bagi lingkungan maupun manusia itu sendiri. Namun hal ini seolah diabaikan oleh manusia. Dan tidak dipugkiri lagi IPTEK dikembangkan setiap waktu sampai saat ini.
          Yang menjadi permasalahnya yaitu :
1.   Apa manfaat Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi bagi manusia dan lingkungan ??
2.   Bagaimana sejarah perkembangan teknologi transportasi public bagi manusia itu sendiri ??
3.   Yang terakhir, dampak positif dan negative dari perkembangan IPTEK terhadap transportasi public bagi manusia dan lingkungan ???
Seperti yang kita tahu setiap suatu perkembangan IPTEK yang bertujuan untuk memudahkan dari setiap kegiatan baik itu komunikasi, pendidikan, hiburan maupun transportasi ada kalanya IPTEK yang dihasilkan berdampak negative bagi lingkungan maupun manusia itu sendiri. Dari permasalahan-permasalahan yang baru saja saya gambarkan merupakan sebuah pokok gagasan dalam setiap perkembangan IPTEK yang akan dihasilkan kelak. Berikut saya akan menerangkan dari awal Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi itu apa lalu saya akan menjelaskan pada permasalah terhadap transportasi public itu sendiri.

Pendahuluan

          Pada bab pendahuluan diatas saya telah mejelaskan tentang definisi dari Ilmu Pengetahuan Alam tersebut. berkaitan dengan IPTEK (Ilmu Pengetahuan Teknologi). Teknologi itu sendiri menurut Iskandar Alisyahbana (1980), Teknologi telah dikenal manusia sejak jutaan tahun yang lalu karena dorongan untuk hidup yang lebih nyaman lebih makmur dan lebih sejahtera. Jadi sejak awal peradaban sebenarnya telah ada teknologi meskipun istilah “ teknologi belum digunakan . istilah “teknologi”  berasal dari “ techne” atau cara dan “logos” atau pengetahuan. Jadi secara harfiah teknologi dapat diartikan pengetahuan tentang cara.
          Kemajuan teknologi adalah sesuatu yang tidak bisa kita hindari dalam kehidupan ini, karena kemajuan teknologi akan berjalan sesuai dengan kemajuan ilmu pengetahuan. Setiap inovasi dicipta untuk memberikan manfaat positif bagi kehidupan manusia. Memberi banyak kemudahan, serta sebagai cara baru dalam melakukan aktifitas manusia. Namun demikian, walaupun pada awalnya diciptakan untuk menghasilkan manfaat positif, di sisi lain juga memungkinkan digunakan hal negative. Contoh lain dari sisi bidang teknologi yang saat ini sudah di nikmati yaitu khususnya dalam hal transportasi public seperti: angkutan umum, kereta dan pesawat.

Fase-fase Proses Teknik
Ada 3 macam fase proses teknik yaitu :
a.    Fase teknik destruktif.
Pada fase ini, untuk memecahkan segala permasalahan dan keutuhannya, manusia langsung mangambil dari alam, tidak ada usaha untuk mengembalikannya kea lam
b.   Fase teknik konstruktif.
Masyarakat pada fase ini telah mampu melakukan penciptaan sehingga menghasilkan kebudayaan baru yang sebelumnya tidak dapat di alam. Dengan penciptaan baru ini, sedikit demi sedkit manusia telah menciptakan lingkungan baru yang selalu bermodalkan alam sekitar sehingga merupakan “ the second nature” atau “alam kedua”
c.    Fase modern
Fase ini merupakan puncak perkembangan teknik yang telah dicapai manusia. Teknik modern ini bertitik tolak analisa matematis alam, sehingga manusia mampu membangun suatu peradabanbaru, yaitu peradaban mesin.


Tingkatan teknologi berdasarkan penerapannya.
Ada 3 tingkatan teknologi yang sering diterapkan yaitu :
1.   Teknologi tinggi (hi-tech)
2.   Teknologi Madya
      3.   Teknologi Tepat Guna

Dampak IPTEK terhadap Komunikasi dan Transportasi
     
    Mungkin sebagian dari anda semua hanya berfikir bahwa polusi udara hanya di sebabkan oleh transportasi-transportasi darat , tapi polusi udara juga disebabkan oleh transportasi udara, akibat dari pembuangan asap pesawat atau dari jet yang terbang di udara, yang berpengaruh terhadap kerusakan udara yang mengakibatkan menipisnya lapisan Ozon dan juga mengakibatkan efek rumah kaca yang dapat menimbulkan global warming dan mencemarkan udaran yang bisa membuat kita semua terkena dampaknya.

1. Positif
a. Di bidang komunikasi kita akan lebih cepat mendapatkan informasi – informasi yang akurat dan terbaru di bumi bagian manapun melalui internet. Kita juga dapat berkomunikasi dengan teman, maupun keluarga yang sangat jauh hanya dengan melalui handphone.
b. Dengan adanya kendaraan-kendaraan yang dihasilkan oleh teknologi, maka masalah transportasi dan komunikasi bukan merupakan suatu hambatan untuk mencapai kemajuan contohnya kendaraan motor, mobil, kereta api, pesawat terbang, helikopter,
c. Pembangunan jalan-jalan layang di darat, jembatan gantung dan sebagainya dapat mengatasi kesulitan transportasi, memperlancar hubngan antar daerah. 2. Negatif

Dampak negatif IPTEK terhadap komunikasi dan transportasi antara lain :
a. Banyaknya kendaraan khusunya jalur darat membuat kemacetan di jalan raya.
b. Kendaraan di kota – kota besar yang ramai menyebabkan tingginya polusi udara yang berbahaya terhadap kesehatan manusia.
c. Radiasi handpone dapat menyebabkan kanker otak.
d. Handpone dapat dijadikan sebagai penyebar informasi yang membawa pengaruh buruk terhadap para pelajar contohnya video porno, gambar – gambar porno dll
e. Munculnya media komunikasi dunia maya seperti faceboook, twiter, yahoomail, yang dapat menyita waktu para kalangan pelajar. Mereka menjadi lebih banyak menggunakan waktunya untuk bermain di dunia maya daripada belajar. Bahkan kini muncul game online yang mayoritas penggunanya adalah anak Sekolah Dasar (SD) dimana mereka dapat bermain game melalui internet tentu ini akan berpengaruh pada keefektifan waktu mereka yang akan lebih mementingkan bermain daripada belajar.
Kesimpulan

Peran dan pentinganya transportasi dalam pembangunan ekonomi yang utama
Adalah : tersedianya barang, stabilisasi dan penyamaan harga, meningkatnya nilai tanah, terjadinya spesialisasi wilayah, berkembangnya usaha kecil, terjadinya urbanisasi dan konsentrasi penduduk.
 Selain itu juga dampak negative perkembangan transportasi anatara lain : bahaya atas kehancuran umat manusia, hilangnya sifat-sifat individual dan kelompok, tingginya frekuensi dan intensitas kecelakaan, makin meningkatnya urbansasi, kepadatan dan konsentrasi penduduk.
Tujuan dari transportasi dalam mendukung perkebangan ekonomi yaitu :
Meningkatkan pendapatan masyarakat disertai dengan konstribusi yang merata serta mensuplai pasaran dalam negri untuk produksi barang industry.

          Sekian dari informasi transportasi public yang berkaitan dengan IPTEK dalam bidang ekonomi dan transportasi khususnya. Bila ada kesalahpahaman tulisan dari blog ini saya ucapkan minta maaf dan terima kasih telah membacanya. kritik dan saran  saya terima dalam penulisan blog ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar